Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Piranti Interaksi

Piranti Interaksi

  • Keyboard
  • Piranti penunjuk (pointing devices)
  • Pengenalan, digitisasi, dan penghasilan ucapan
  • Tayangan gambar dan video
  • Printer


Keyboard

Piranti masukan data tekstual utama.
Tata letak keyboard:
  • QWERTY layout
  • Dvorak layout
  • ABCDE layout
Beberapa pad tombol selain huruf:
  • Numeric keypad
  • Function keys
  • Tombol-tombol pergerakan kursor

Piranti Penunjuk

Piranti penunjuk (pointing devices) digunakan untuk menunjuk dan memilih di layar pada sistem manipulasi langsung.
Kelebihan:
  • Mengurangi kesalahan ketik pada keyboard.
  • Dapat memusatkan perhatian pada tampilan.
Ada dua kelompok piranti penunjuk:
  • Direct pointing devices: kendali langsung di permukaan layar.
  • Indirect pointing devices: kendali tak langsung, terpisah dari permukaan layar.
Tugas Interaksi Piranti Penunjuk
  • Select: memilih dari seperangkat item.
  • Position: memindahkan titik pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih.
  • Orient: memilih arah pada ruang berdimensi satu, dua, tiga, atau lebih.
  • Path: serangkaian operasi position dan orient yang cepat untuk membentuk jalur atau kurva.
  • Quantify: menentukan nilai numerik.
  • Text: menandai lokasi penyisipan, penghapusan, perubahan teks.
Macam-macam Direct Pointing Devices
  • Light pen
  • Touch screen
  • Stylus







Macam-macam Indirect Pointing Devices
  • Mouse
  • Trackball
  • Joystick
  • Trackpoint (pointing stick)
  • Graphics tablet
  • Touchpad

Pengenalan, Digitisasi, dan Penghasilan Ucapan

Pengenalan ucapan masih belum seperti yang digambarkan pada fiksi ilmiah:
  • Lebih menuntut ingatan kerja pemakai.
  • Derau latar belakang bermasalah.
  • Variasi kinerja ucapan pemakai mempengaruhi keefektifan.
Macam-macamnya:
  • Discrete-word recognition
  • Speech recognition
  • Speech store and forward
  • Speech generation
  • Audio tones, audiolization, music

Discrete-Word Recognition

  • Mengenali kata yang diucapkan orang satu per satu.
  • Kehandalan 90-98% untuk kosakata 20-200 kata.
Berguna jika:
  • Tangan pembicara sibuk.
  • Mobilitas diperlukan.
  • Mata pembicara sibuk.
  • Kondisi yang keras (di bawah air, perang) atau terkungkung (dalam kokpit) yang tidak memungkinkan pemakaian keyboard.

Speech Recognition

  • Mengenali kata-kata yang diucapkan secara normal.
  • Harapan: pendiktean dokumen, transkripsi rekaman suara.  Contoh: Dragon NaturallySpeaking, IBM ViaVoice.

Speech Store and Forward

  • Penyimpanan dan pengiriman kembali pesan yang diucapkan.
  • Voice mail bekerja handal, berbiaya rendah, dan disukai pemakai.

Tayangan Gambar dan Video

Visual Display Unit (VDU) adalah sumber umpan balik utama bagi pemakai dari komputer.
Bentuknya:
  • Monitor
  • Fotografi digital: Download ke komputer mudah.
  • Video digital: Video disk, CD-ROM, DVD-ROM.
  • Proyektor
  • Heads-up displays: pada kaca mobil/pesawat.
  • Helmet-mounted displays

Teknologi Display

  • Raster-scan cathode ray tube (CRT); (1) Senapan elektron menyapukan pixel, (2) Refresh rate yang lebih tinggi disukai.
  • Liquid-crystal displays (LCD); (1) Perubahan tegangan mempengaruhi polarisasi kapsul kristal cair, (2) Plasma panel, (3) Gas neon dipendarkan oleh arus listrik.
  • Light-emitting diodes (LED); Diode dinyalakan oleh arus listrik.

Printer

  • Dot-matrix printer; Menggunakan pita bertinta.
  • Inkjet printer; Tidak berisik, kualitas cetakan baik.
  • Thermal printer; (1) Tidak berisik, murah. (2) Menggunakan kertas khusus (berlilin) atau kertas biasa.
  • Laser printer; Hasil berkualitas tinggi.
  • Plotter; Menggunakan pena untuk menggambar di atas gulungan kertas.
  • Photographic printer; Menghasilkan slide dan cetakan foto.
  • Newspaper/magazine-layout systems; Hasil berkualitas produksi.