Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Computer Support and Cooperative Work

Computer Support and Cooperative Work

Definisi

  • Computer-Supported Cooperative Work (CSCW) adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung proses sosial kerja, sering di antara mitra yang berjauhan.
  • Hasil CSCW biasanya disebut Groupware.
  • Groupware adalah jenis software yang membantu kelompok kerja (workgroup) yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka.


Asinkron Tersebar; Tempat dan Waktu Berbeda

Email (Electronic Mail)

  • Sifat: struktur terlalu bebas, terlalu membuat kewalahan, dan transien.
  • Tools: Filtering (Message rules pada Microsoft Outlook Express).; Archiving (menyimpan pesan lalu); Forwarding (meneruskan pesan); Mailing lists.
  • Dapat mengandung gambar, suara, animasi, attachments berupa file
  • dsb.; Dampak negatif: virus.
  • Membuat email menjadi universal membutuhkan (Anderson et al., 1995): Peningkatan penyederhanaan; Peningkatan pelatihan; Pemfilteran yang lebih mudah; Hardware berbiaya murah; Jasa jaringan







Newsgroups dan komunitas jaringan

  • Diskusi elektronik terfokus oleh kelompok.
  • USENET newsgroups; Pemakai membaca catatan sebelumnya dan menanggapi; Terbuka bagi umum; Dapat di-search melalui web.
  • Mailing list services; Pemakai harus berlangganan; Menggunakan email; Bisa ditengahi moderator.
  • Online conferences; Mempunyai alat bantu untuk voting, direktori online pemakai dan dokumen.
  • Web discussion board
  • Online newsletters
  • Komunitas jaringan bisa kontroversial: hacker, teroris, kegiatan rasis.

Collaborative Authoring

  • Wiki; Situs web yang memungkinkan pengunjung dengan mudah menambah, menghapus, atau mengedit isi, sering kali tanpa registrasi terlebih dahulu; Wikipedia : ensiklopedia; Wiktionary : kamus dan thesaurus; Wikibooks : textbook dan manual; Wikinews : berita
  • Karakteristik wiki; Artikel bisa di edit kapanpun oleh siapapun (dengan pembatasan tertentu utk protected articles); Artikel bisa diedit menggunakan web browser; Artikel dilengkapi akses ke history/versioning; Artikel dilengkapi akses ke halaman diskusi tentang artikel tersebut; Penambahan atau modifikasi terbaru bisa dimonitor

    Sinkron Tersebar: Tempat Berbeda, Waktu Sama

    • Group editor: mengedit dokumen bersama. Contoh: GROVE.
    • Shared workspace: menulis atau menggambar bersama (whiteboard), desain bersama, membuat
    • dokumen bersama, mendukung kerja sama tim yang fleksibel. Contoh: TeamRooms, SEPIA.
    • Shared screen: Melihat layar dan mengoperasikan sistem yang sama. Contoh: Timbuktu, PC Anywhere, Windows XP Remote Assistance.
    • Interactive game networks: Bermain game yang sama melalui jaringan. Contoh: StarCraft, WarCraft, Counter Strike.
    • Chat: Diskusi melalui antarmuka teks. Contoh: IRC, ICQ.
    • Video conferencing & teleconferencing: Konferensi real-time dengan kemampuan audio dan video. Contoh: NetMeeting, CU-SeeMe, Polycom DTVC products (dulu PictureTel).

    Tatap Muka: Tempat dan Waktu Sama

    • Tampilan bersama dari komputer dosen: penggunaan proyektor untuk menayangkan presentasi.
    • Audience response units. Menjawab pertanyaan pilihan ganda dengan piranti khusus pada meja peserta.
    • Text-submission workstations. Bercakap-cakap menggunakan keyboard dan software sederhana.
    • Brainstorming, voting, and ranking. Digunakan pada electronic classroom atau meeting room. Mis. GroupSystems.
    • File sharing. Penggunaan komputer dalam jaringan untuk memakai file secara bersama.
    • Shared workspace. Ruang kerja yang sama yang dapat diakses oleh semua pemakai.
    • Group activities. Para pemakai dapat mengerjakan soal, dan yang butuh bantuan dapat “mengangkat tangan” untuk menampilkan tampilannya pada shared display atau pada tampilan pemimpin.








    Penerapan CSCW pada Pendidikan

    • Koordinasi siswa dalam kelas virtual adalah proses yang rumit namun dapat memungkinkan pengalaman pendidikan yang mendorong bagi orang-orang yang tak dapat bepergian ke kelas biasa.
    • Pengalaman belajar oleh individu yang lebih aktif termasuk menggunakan software di jam pelajaran, misalnya untuk: Menulis esai atau puisi; Mencari peristiwa-peristiwa penting dalam kelas sejarah; Menjalankan simulasi bisnis untuk meningkatkan kualitas produk; Melakukan analisis statistik; Melakukan landscaping dengan CAD dan paket grafik; Menulis program komputer;Mencari di Internet.