Interaksi Manusia Komputer atau Desain Interaksi Pengguna merupakan bagian penting untuk memastikan tampilan aplikasi yang dibuat bisa memberikan kemudahan dalam penggunaan aplikasi oleh pengguna
Computer-Supported Cooperative Work (CSCW) adalah bidang studi yang berfokus pada perancangan dan evaluasi teknologi baru untuk mendukung proses sosial kerja, sering di antara mitra yang berjauhan.
Hasil CSCW biasanya disebut Groupware.
Groupware adalah jenis software yang membantu kelompok kerja (workgroup) yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka.
Asinkron Tersebar; Tempat dan Waktu Berbeda
Email (Electronic Mail)
Sifat: struktur terlalu bebas, terlalu membuat kewalahan, dan transien.
Tools: Filtering (Message rules pada Microsoft Outlook Express).; Archiving (menyimpan pesan lalu); Forwarding (meneruskan pesan); Mailing lists.
Dapat mengandung gambar, suara, animasi, attachments berupa file
dsb.; Dampak negatif: virus.
Membuat email menjadi universal membutuhkan (Anderson et al., 1995): Peningkatan penyederhanaan; Peningkatan pelatihan; Pemfilteran yang lebih mudah; Hardware berbiaya murah; Jasa jaringan
Newsgroups dan komunitas jaringan
Diskusi elektronik terfokus oleh kelompok.
USENET newsgroups; Pemakai membaca catatan sebelumnya dan menanggapi; Terbuka bagi umum; Dapat di-search melalui web.
Mailing list services; Pemakai harus berlangganan; Menggunakan email; Bisa ditengahi moderator.
Online conferences; Mempunyai alat bantu untuk voting, direktori online pemakai dan dokumen.
Web discussion board
Online newsletters
Komunitas jaringan bisa kontroversial: hacker, teroris, kegiatan rasis.
Collaborative Authoring
Wiki; Situs web yang memungkinkan pengunjung dengan mudah menambah, menghapus, atau mengedit isi, sering kali tanpa registrasi terlebih dahulu; Wikipedia : ensiklopedia; Wiktionary : kamus dan thesaurus; Wikibooks : textbook dan manual; Wikinews : berita
Karakteristik wiki; Artikel bisa di edit kapanpun oleh siapapun (dengan pembatasan tertentu utk protected articles); Artikel bisa diedit menggunakan web browser; Artikel dilengkapi akses ke history/versioning; Artikel dilengkapi akses ke halaman diskusi tentang artikel tersebut; Penambahan atau modifikasi terbaru bisa dimonitor
Sinkron Tersebar: Tempat Berbeda, Waktu Sama
Group editor: mengedit dokumen bersama. Contoh: GROVE.
Shared workspace: menulis atau menggambar bersama (whiteboard), desain bersama, membuat
dokumen bersama, mendukung kerja sama tim yang fleksibel. Contoh: TeamRooms, SEPIA.
Shared screen: Melihat layar dan mengoperasikan sistem yang sama. Contoh: Timbuktu, PC Anywhere, Windows XP Remote Assistance.
Interactive game networks: Bermain game yang sama melalui jaringan. Contoh: StarCraft, WarCraft, Counter Strike.
Chat: Diskusi melalui antarmuka teks. Contoh: IRC, ICQ.
Video conferencing & teleconferencing: Konferensi real-time dengan kemampuan audio dan video. Contoh: NetMeeting, CU-SeeMe, Polycom DTVC products (dulu PictureTel).
Tatap Muka: Tempat dan Waktu Sama
Tampilan bersama dari komputer dosen: penggunaan proyektor untuk menayangkan presentasi.
Audience response units. Menjawab pertanyaan pilihan ganda dengan piranti khusus pada meja peserta.
Text-submission workstations. Bercakap-cakap menggunakan keyboard dan software sederhana.
Brainstorming, voting, and ranking. Digunakan pada electronic classroom atau meeting room. Mis. GroupSystems.
File sharing. Penggunaan komputer dalam jaringan untuk memakai file secara bersama.
Shared workspace. Ruang kerja yang sama yang dapat diakses oleh semua pemakai.
Group activities. Para pemakai dapat mengerjakan soal, dan yang butuh bantuan dapat “mengangkat tangan” untuk menampilkan tampilannya pada shared display atau pada tampilan pemimpin.
Penerapan CSCW pada Pendidikan
Koordinasi siswa dalam kelas virtual adalah proses yang rumit namun dapat memungkinkan pengalaman pendidikan yang mendorong bagi orang-orang yang tak dapat bepergian ke kelas biasa.
Pengalaman belajar oleh individu yang lebih aktif termasuk menggunakan software di jam pelajaran, misalnya untuk: Menulis esai atau puisi; Mencari peristiwa-peristiwa penting dalam kelas sejarah; Menjalankan simulasi bisnis untuk meningkatkan kualitas produk; Melakukan analisis statistik; Melakukan landscaping dengan CAD dan paket grafik; Menulis program komputer;Mencari di Internet.